Home » Tips Seksual » 7 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

7 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Meningkatkan kualitas sperma tentu saja sangat diperlukan bagi para pria yang sedang menginginkan dan menjalankan program memiliki keturunan. Sperma dengan kuantitas yang banyak dan juga kualitas yang baik tentu akan sangat mempercepat terjadinya fertilisasi sehingga akan terjadi kehamilan bagi pasangan.

Sperma yang memiliki kualitas yang baik adalah yang memiliki bentuk yang ideal dan mendekati sempurna. Untuk pergerakannya sperma yang berkualitas baik tentunya sperma yang memiliki gerakan yang cepat dan lincah. Sehingga akan mendorong dan mempercepat terjadinya pembuahan. Nah, untuk meningkatkan kualitas sperma seperti kriteria yang sudah disebutkan tadi, kita bisa melakukan beberapa cara yang bisa dicoba.

1. Cari Tahu Penyebab Menurunnya Kualitas Sperma
Beberapa penyebab umum yang menyebabkan penurunan kualitas sperma menjadikan sperma sulit berenang dan bergerak lamban sehingga cukup sulit untuk menjangkau dan membuahi sel telur. Salah satu penyebab umum adalah adanya pembengkakan prostat yang berlebihan dan juga kurang seimbangnya hormon sehingga saluran mani menjadi tertekan akibatnya saluran mani menjadi sempit.

Sehingga cairan mani tidak bisa mengalir keluar dengan lancar sehingga tidak dapat melindungi sperma. Hal itu bisa menjadikan sperma menjadi mandul (tidak bisa membuahi) dan cepat mati karena tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup.

2. Cari Cara Mengatasinya
Penyebab utama pembengkakan dan ketidakseimbangan hormon adalah asupan makanan yang tidak sehat dan juga stres. Penyebab lainnya juga bisa karena terlalu kecapekan. Untuk mengatasinya tentu saja kalian memerlukan relaksasi untuk mengurangi stress dan juga jaga pola istirahat sehingga kalian mendapatkan intensitas istirahat yang cukup.

Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan produksi sperma baik dalam konteks kuantitas maupun dalam konteks kualitas. Untuk menghasilkan sperma yang baik dibutuhkan koordinasi tubuh yang baik. Relaksasi selain bisa mengurangi stress dan meringankan kepenatan juga sangat efektif untuk meningkatkan gairah seksual.

3. Ukur Tubuh
Sebaiknya nilai tubuh kalian, apakah kalian termasuk kategori bugar atau tidak dan apakah kalian memiliki berat badan yang ideal atau tidak. Salah satu faktor yang menyebabkan produksi sperma memiliki kualitas yang tidak bagus adalah karena obesitas. Kalau kalian mengalami obesitas atau kelebihan berat badan sebaiknya segera melakukan cara-cara untuk menurunkan berat badan.

Fakta dari obesitas yang dapat memengaruhi kualitas sperma dikarenakan karena lemak jahat yang menempel pada jaringan organ vital akan membungkus testis sehingga temperatur di sekitar testis menjadi naik sehingga sperma di dalam testis akan mudah mati.

Untuk itu pola konsumsi dan menjaga asupan makanan sangat perlu diperhatikan. Konsumsi gizi sangat penting diperhatikan. Konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C, juga seimbangkan pola makan sehat makanan 4 sehat 5 sempurna dengan kombinasi daging sayur – sayuran dan juga buah-buahan. Jangan lupa pula untuk konsumsi air putih yang banyak. Sebagai penyempurna, konsumsi pula makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

Dalam hal proses kehamilan pasangan, sperma bukan saja berperan untuk membuahi sel telur saja. Jauh dari itu, sperma yang memiliki kualitas baik dan sehat sangat berperan dalam kualitas kesehatan dan keberlangsungan hidup janin. Karena beberapa sifat dan gen juga diturunkan dari pihak pria.

4. Perhatikan Pakaian yang Dipakai
Seringkali hal ini kurang diperhatikan oleh para laki-laki. Sperma mudah sekali terbunuh. Salah satunya karena suhu yang terlalu tinggi maupun suhu yang terlalu rendah. Nah disini peran pakaian utamanya celana dalam yang langsung bersentuhan dengan organ vital. Hindari pakaian seperti celana yang terlalu ketat. Apalagi pada saat kalian melakukan aktivitas olahraga.

5. Hindari Kontak dengan Zat Berbahaya dan Efek Samping Obat-obatan
Selain menggunakan pakaian yang longgar, jauhkan diri juga dari kontak zat-zat kimia berbahaya seperti diantaranya zat beracun seperti pestisida, obat hama, lem, cat, tiner, dll. Hindari juga penggunaan obat seperti obat steroid dll. Obat jenis itu dapat menimbuklan azoospermia. Azoospermia adalah kondisi tidak lengkapnya sperma sehingga bisa dipastikan kualitas sperma akan sangat buruk.

Tidak hanya obat steroid saja, obat-obatan lain juga terkadang akan memberikan efek samping bagi bagian organ tubuh lain. Dalam hal ini kaitannya dengan organ vital reproduksi. Biasanya obat kimia akan memperlambat jumlah produksi dan menurunkan kualitas sperma. Jika kalian ingin menjalankan program kehamilan maka konsultasikan dengan dokter yang memberikan resep atau dokter kandungan mengenai obat yang kalian konsumsi.

6. Jaga emosi
Untuk menjaga kualitas sperma agar memproduksi kualitas yang baik, sebaiknya kalian benar-benar menjaga psikologis kalian. Sebisa mungkin teruslah berpikiran positif. Jangan terlalu memikirkan sesuatu dengan berat. Pokoknya jangan sampai kalian stresss. Kondisi psikis yang stress, sedih, atau tertekan akan mempengaruhi kualitas produksi sperma. Jaga ketenangan dan kedamaian hati.

7. Konsumsi Buah Aprikot
Buah aprikot sangat berperan dalam rangka meningkatkan kualitas sperma. Selain buah aprikot yang mungkin belum terlalu familiar dengan kita, ada buah yang sangat familiar dan ternyata juga memiliki khasiat dan dapat digunakan sebagai cara meningkatkan kualitas sperma yaitu adalah buah mangga. Buah mangga dan buah aprikot mampu memberikan manfaat demikian karena buah – buah tersebut sangat kaya akan antioksidan.

Selain itu juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Sperma yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi akan semakin memudahkan proses pembuahan dengan sel telur sehingga akan lebih mudah terjadi fertilisasi sehingga pasangan akan mengalami kehamilan. Hal itu karena probabilitas sperma untuk mencapai ovarium jauh lebih tinggi. Selain buah aprikot dan buah mangga, kalian juga bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E, betakaroten (seperti yang terdapat pada sayur bayam, wortel, buah alpukat), biji-bijian, kacang-kacangan, labu, dan minyak sayur.

Nah, itu tadi beberapa cara meningkatkan kualitas sperma. Cara-cara di atas dapat kalian coba terapkan dan rasakan manfaatnya. Karena cara-cara di atas bukan saja baik untuk kesehatan organ vital namun juga sangat baik untuk kesehatan tubuh organ-organ lain. Selain cara-cara di atas, pastikan juga kalian tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol selama masa program. Kurangi pula intensitas merokok kalian jika bisa hentikan. Perbanyak olahraga, hindari pula radiasi. Radiasi bisa datang dari mana saja bahkan dari hal sepele yang seringkali kita lakukan seperti misalnya saat kita menaruh hp di kantong celana kita, saat kita memangku laptop, dll.

Indikasi sperma yang sehat pun dapat kita identifikasi sendiri sebenarnya. Misalnya saja, sperma yang sehat dan berkualitas baik memiliki aroma yang khas. Bukan aroma yang busuk atau amis. Selain itu dari tekstur dan warnanya pun dapat kita identifikasi. Sperma yang sehat memiliki warna kelabu pucat. Untuk identifikasi lebih jauh lagi, kita dapat mengukur pH nya untuk yang sehat phnya sekitar 7,2 hingga 8. pH dengan range sekianlah yang akan memunculkan gerakan yang lurus ke depan.


Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda? Ingin Bertahan lama diatas ranjang? Ingin Menjadi lebih perkasa ketika bercinta?
Silahkan Klik
Disini!!