Home » Obat-Obatan » 13 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

13 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Manfaat cengkeh bagi kesehatan masih belum banyak diketahui masyarakat. Pada umumnya, sebagai bahan rempah-rempah asli Indonesia, masyarakat menggunakan cengkeh sebagai bumbu masak. Dalam hal ini, cengkeh ditambahkan untuk menambah aroma wangi pada masakan. Selain itu, publik juga masih menganggap cengkeh sebagai bahan campuran di dalam rokok. Padahal, kandungan cengkeh pada rokok justru tidak bermanfaat sedikit pun bagi kesehatan, karena adanya zat-zat berbahaya yang ditambahkan.

Sangat disayangkan bahwa masyarakat hanya sebatas mengenal cengkeh sebagai rempah-rempah beraroma wangi dan khas. Padahal, di dalam cengkeh terkandung sejumlah zat yang bermanfaat bagi kesehatan, terutama mineral dan senyawa unik. Kandungan mineral utama di dalam cengkeh meliputi zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, potasium, sodium, dan zink. Selain itu, zat-zat lain yang terdapat di dalam cengkeh adalah karbohidrat, glukosa, serat, protein, serta kalori. Bahkan, cengkeh juga mengandung sejumlah vitamin, di antaranya B3, B12, B1, K, dan D.

Dilihat dari kandungan zat-zat yang terkandung di dalam cengkeh, sudah tergambar bahwa rempah asli Indonesia ini super manjur untuk meningkatkan kesehatan. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat dari cengkeh ini, simak uraian berikut ini.

1. Meringankan Sakit Gigi
Minyak cengkeh telah lama digunakan untuk membantu mengobati sakit gigi, terutama pada gigi berlubang. Caranya pun cukup mudah, yakni bagian gigi berlubang disumbat dengan kapas yang telah diolesi minyak cengkeh.

Atau, bisa juga cengkeh disangrai terlebih dahulu, lalu digiling halus dan dimasukkan pada lubang gigi secukupnya. Langkah terakhir adalah menutup lubang gigi dengan kapas. Dalam hal ini, para dokter memang merekomendasikan penggunaan cengkeh karena mempunyai efek analgesik, yakni meredakan nyeri pada sakit gigi.

2. Mengatasi Jerawat
Minyak cengkeh merupakan salah satu obat herbal yang terbukti cukup efektif menekan pertumbuhan jerawat. Cara penggunaannya juga sangat mudah, yaitu dengan mengoleskannya pada bagian wajah yang ditumbuhi jerawat. Persebaran jerawat di wajah secara berangsur-angsur dapat dihilangkan karena minyak cengkeh mengandung zat antimikroba yang bersifat membunuh bakteri.

3. Mencegah Radang dan Mengobati Batuk Pilek
Di dalam cengkeh terkandung berbagai zat aktif, salah satunya adalah flavanoid. Zat yang bekerja dengan sifat anti inflamasi ini sangat efektif mengurangi risiko terjadinya peradangan pada tubuh. Rasa cengkeh yang hangat juga dapat berfungsi sebagai ekspektoran untuk mengobati berbagai gangguan saluran pernapasan, termasuk batuk dan pilek.

4. Memperbaiki Kerja Sistem Pencernaan
Mengonsumsi cengkeh dapat membantu mengendurkan saluran pencernaan. Bukan hanya mengendurkan, cengkeh juga melapisi organ pencernaan, terutama usus dan lambung. Dengan kandungan euganol dan flavonoid, cengkeh bekerja menetralkan kadar asam lambung, membantu memberi efek hangat, serta mendorong keluarnya gas berlebih dari dalam perut. Rasa hangatnya juga membantu meredakan mual. Oleh karena itu, berbagai gangguan pencernaan seperti mual, muntah, diare, begah, serta maag dapat dicegah dengan bahan alami ini.

5. Sumber Energi dan Serat
Kandungan nutrisi yang kaya membuat cengkeh cocok dijadikan sumber energi. Selain protein dan karbohidrat, cengkeh juga mengandung vitamin serta mineral seperti kalsium dan magnesium. Bukan hanya memberi suplai energi dalam jumlah besar, di dalam cengkeh juga terkandung serat makanan yang berguna memudahkan buang air besar.

6. Membunuh Bakteri dan Jamur
Cengkeh merupakan obat alami yang bekerja secara efektif melawan bakteri utama penyebab gangguan pada perut. Cengkeh juga dapat melawan serangan kuman di rongga mulut. Tidak berhenti sampai di situ, cengkeh juga mengandung zat eugenol yang bersifat melawan pertumbuhan jamur, yang merupakan penyebab utama penyakit kulit.

7. Meningkatkan Gairah Seksual
Di dalam cengkeh terkandung zat afrodisiak yang khasiatnya bukan main-main. Zat tersebut terbukti mampu meningkatkan dorongan atau hasrat seksual. Bahkan, kandungan zat afrodisiak pada cengkeh juga berguna untuk mengobati ejakulasi dini pada pria.

8. Melindungi Fungsi Hati
Kandungan benzen di dalam cengkeh berguna memproduksi sejumlah enzim pada lever untuk menetralkan toksin yang ada di dalam tubuh. Selain itu, cengkeh juga mengandung zat kaempferol dan rhamnetin yang membantu menghambat iritasi dan radang yang rentan muncul pada fungsi hati. Kandungan antioksidan yang begitu beragam membuat cengkeh sangat teruji dalam melawan berbagai zat-zat beracun di dalam tubuh. Oleh karena itulah, beban kerja hati menjadi lebih ringan.

9. Anti Karsinogen
Karena kaya akan antioksidan, cengkeh juga bermanfaat sebagai anti karsinogen. Maksudnya, cengkeh memiliki kemampuan mencegah kadar toksin bekerja merusak fungsi tubuh serta melakukan perubahan atau mutasi dalam proses regenerasi sel. Sifat cengkeh sebagai anti karsinogen sangat bermanfaat mencegah pembentukan sel kanker pada tahap awal. Sejumlah ahli telah membuktikan efektivitas cengkeh ini dalam menghambat intensitas pertumbuhan sel kanker pada organ paru-paru.

10. Anti Diabetes
Cengkeh disebut-sebut sebagai salah satu senyawa mineral yang dapat meningkatkan penyerapan sel terhadap glukosa. Kandungan mangaan pada cengkeh juga membantu mengoptimalkan pembuangan glukosa berlebih dalam pembuluh darah. Kombinasi senyawa-senyawa di dalam cengkeh bekerja memproduksi enzim glukoneogenik yang bekerja mengendalikan kelebihan glukosa dan membuangnya dari tubuh. Hal ini jauh lebih menyehatkan dibanding mengubahnya menjadi cadangan gula.

11. Meringankan Sakit Kepala
Dalam pengobatan tradisional, air rebusan cengkeh dipercaya mampu melegakan pernapasan serta meringankan hidung tersumbat dan batuk. Tidak hanya itu, sifat hangat air rebusan cengkeh ternyata turut berkontribusi melancarkan sirkulasi darah menuju kepala. Dari sini, tekanan di dalam otak menjadi berkurang. Ditambah dengan sifat analgesik di dalamnya, cengkeh dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri di kepala.

12. Menjaga Kekuatan Tulang
Zat flavonoid dan euganol pada cengkeh terbukti dapat membantu mengatasi pelarutan kalsium berlebih pada tulang. Dengan demikian, penurunan kepadatan tulang dapat dicegah. Artinya, cengkeh dapat dikonsumsi untuk tujuan menjaga kekuatan tulang. Bahkan, di beberapa daerah di Indonesia, minyak cengkeh dikenal sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan patah tulang. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kandungan mangaan di dalamnya bermanfaat menguatkan struktur tulang.

13. Menghilangkan Goresan di Kulit
Minyak cengkeh termasuk salah satu obat alami yang sering digunakan untuk menghilangkan goresan di kulit tubuh, terutama yang disebabkan oleh luka lecet atau tergores. Dengan mengoleskan minyak cengkeh, kulit tubuh yang tergores tampak lebih lembut. Begitu pula jika kulit tubuh yang telah diolesi minyak cengkeh tidak sengaja tergores, bekasnya menjadi tersamar. Khasiat ini tentu sangat membantu kaum wanita yang selalu ingin kulitnya tampak cerah dan bersih.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa cengkeh mampu melawan berbagai jenis penyakit, mulai dari yang biasa sampai mematikan sekalipun. Tidak hanya itu, cengkeh juga berkhasiat meningkatkan daya tahan atau sistem kekebalan tubuh.

Adapun pemanfaatan cengkeh sebagai obat alami dapat dilakukan dalam bentuk minyak, ekstrak atau serbuk, ataupun air rebusan. Itulah beberapa uraian mengenai khasiat cengkeh sebagai rempah alami Indonesia yang super manjur meningkatkan kesehatan. Anda tidak percaya? Segera buktikan sendiri dan rasakan ketiga belas manfaat cengkeh!


Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda? Ingin Bertahan lama diatas ranjang? Ingin Menjadi lebih perkasa ketika bercinta?
Silahkan Klik
Disini!!