10 Cara Mengatasi Orang Ngorok

Bagaimana cara mengatasi orang ngorok, dan apa sebenarnya ngorok tersebut? Ini mungkin salah satu pertanyaan yang ada di benak Anda? Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi ngorok, ada baiknya jika membahas terlebih dahulu apa itu ngorok dan bagaimana terjadinya ngorok tersebut.

Apa itu ngorok

Pada dasarnya, metabolisme tubuh seseorang akan melakukan 28 ribu kali bernafas setiap harinya. Proses ini berlangsung secara otomatis oleh adanya 5 buah sensor syaraf yang terhubung secara otomatis pada otak.

Setiap syaraf tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda, ada yang berfungsi untuk menambah kelembaban pernafasan, menyaring uadra, menghangatkan tenggorokan, mengurangi kelembaban, dan membaui udara yang masuk ke saluran pernafasan.

Pada saat seseorang mengalami dengkuran, maka udara yang masuk melalui hidung dan juga mulut terhalang oleh sesuatu, atau adanya penyempitan pada saluran uara. Ketika hal ini terjadi, saluran udara akan bergetar cukup keras, setiap kali udara masuk ke saluran pernafasan. Akibatnya obstruksi jalan udara akan membentuk suara yang cukup keras.

Penyebab terjadinya ngorok
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang mendengkur atau ngorok ini, antara lain adanya sinusitis pada hidung , radang amandel, mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak, kelebihan berat badan, salah posisi tidur, faktor usia, atau bahkan mengalami penyakit serius.

Salah satu penyakit serius yang biasanya terjadi pada seseorang yang mengalami ngorok adalah apnea. Ini adalah salah satu gangguan tidur yang dapat membuat seseorang berhenti bernafas selama beberapa detik, hingga beberapa menit, pada saat orang tersebut terlelap.

Ketika hal ini terjadi, maka kadar oksigen dalam darah menurun dan membuat Anda merasa lelah atau sakit kepala pada keesokan harinya. Beberapa penyakit kronis lain yang juga berkaitan erat dengan aktivitas ngorok adalah stroke, obesitas, tekanan darah tinggi, dan juga penyakit jantung.

Kondisi ngorok ini paling banyak dialami oleh para pria, dimana terjadinya penumpukan lemak di bagian dada dan juga leher. Ketika lingkar leher berukuran 40 cm atau lebih, membuat seseorang berpeluang terkena penyakit ngorok.

Cara mengatasi orang ngorok ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, antara lain :

  • Mengubah posisi tidur

Mengubah posisi tidur adalah hal pertama yang dapat Anda lakukan. Posisi tidur yang tidak baik, dapat menyebabkan seseorang mendengkur. Biasanya posisi tidur terlentang membuat lidah tertarik ke arah belakang. Hal ini yang membuat aliran udara jadi sempit, dan mengeluarkan suara yang keras atau dengkuran.

Dengkuran ini sendiri terjadi ketika langit-langit rongga mulut, lidah, tekak, tonsil dan otot di bagian belakang tenggorokan, saling bersentuhan. Hingga menimbulkan getaran yang cukup keras.

Ganti posisi tidur dengan cara menyamping. Gunakan bola tenis, untuk menghalangi Anda tidur terlentang. Bola ini dapat disimpan di bagian belakang leher.

  • Mengangkat posisi kepala pada saat tidur

Gunakan bantal yang tepat untuk menopang kepala. Usahakan agar posisi bantal lebih tinggi sekitar 4 inchi atau lebih tinggi dari ukuran bantal yang biasanya Anda gunakan. Ini yang membuat Anda nyenyak tanpa mengalami dengkuran.

  • Membersihkan sinusitis

Bersihkan berbagai macam kotoran di dalam hidung tepat sebelum tidur. Hal ini dapat dilakukan untuk Anda yang mempunyai penyakit sinus. Dengan membersihkan sinus dan mengeluarkan berbagai macam kotoran, menghindari saluran pernafasan dari macet atau penyempitan saluran pernafasan akibat berbagai kotoran yang menumpuk.

  • Menggunakan kontrol udara pada kamar

Salah satu penyebab ngorok adalah udara yang cukup kering. Udara yang cukup kering ini juga dapat menyebabkan iritasi di bagian rongga hidung. Untuk mengatasi hal-hal seperti ini, sebaiknya gunakan pengontrol udara di ruang tidur, dan kendalikan udara yang ada, tepat sebelum tidur.

  • Menghirup uap air sebelum tidur

Apabila Anda tidak memiliki kontrol udara, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menghirup uap air. Hal ini dilakukan untuk membantu membersihkan dan mengontrol kelembaban saluran pernafasan.

Cara melakukannya cukup sederhana, ambil handuk bersih berukuran kecil, lalu celupkan ke dalam air hangat, selama beberapa detik, lalu peras. Letakkan handuk tersebut di dekat hidung, dan hirup udara yang ada. Lakukan hal ini selama 10 menit. Cara ini juga dapat menghilangkan lendir yang dapat menyebabkan hidung tersumbat dan menghalau udara kering yang masuk ke hidung.

  • Melakukan senam tenggorokan

Lakukan senam hidung sebelum Anda tidur. Cara melakukan senam tidur ini adalah dengan membuka mulut Anda selebar mungkin. Lalu regangkan rahang ke salah satu sisi dengan memegang rahang tersebut selama 30 detik. Lakukan hal ini pada rahang lainnya.

Berikutnya julurkan lidah sejauh mungkin, lakukan hal ini, selama beberapa kali. Teknik senam lidah ini dapat melonggarkan otot di bagian tenggorokan.

  • Bernyanyilah

Bernyanyi, terutama menyanyikan lagu yang menggunakan nada tinggi, juga dapat menghindari Anda dari dengkuran. Dengan bernyanyi, maka berbagai masalah pada saluran pernafasan dapat diatasi dengan baik, hal ini yang membuat Anda terhindar dari penyakit ngorok. Apabila Anda merasa suara yang ditimbulkan dapat mengganggu orang lain, lakukan teknik vokal ini di tempat tertentu yang nyaman dan tidak mengganggu orang lain.

  • Menurunkan berat badan

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan seseorang mendengkur atau ngorok adalah obesitas atau memiliki berat badan berlebih. Untuk mengatasinya Anda perlu menurunkan berat badan tersebut. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, mulai dari melakukan diet, memantai aneka makanan yang hendak dikonsumsi, dan hal lainnya.

Namun salah satu teknik yang paling ampuh adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Ada banyak sekali manfaat dari olahraga secara rutin, selain dapat membakar lemak dan kalori dalam tubuh. Yaitu dapat memaksimalkan berbagai kinerja otot, beberapa organ tubuh, serta dapat mempercepat proses pembuangan berbagai macam sampah dan zat tidak terpakai dalam tubuh.

  • Memperhatikan makanan yang dikonsumsi

Atur pola makan dan jam makan dengan baik. Ada baiknya jika Anda menghindari mengonsumsi aneka makanan sebelum tidur, atau beberapa jam sebelum tidur. Makanan, terutama makanan yang mempunyai lemak tinggi atau karbohidrat tinggi membutuhkan proses cerna yang cukup panjang, jika tidak dapat dicerna dengan baik, maka akan disimpan dalam bentuk cadangan lemak. Ini yang membuat kadar lemak seseorang naik.

Selain itu hindari mengonsumsi susu, sebelum tidur, karena dapat meningkatkan produksi lendir pada mulut.

  • Menghindari alkohol dan obat penenang

Salah satu penyebab orang memiliki penyakit ngorok adalah terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol dan mengonsumsi obat penenang. Obat penenang dan juga alkohol dengan dosis rendah dapat menekan saluran pernafasan, dan membuat otot tidak relaks.

Untuk itu sebelum tidur hindari mengonsumsi obat penenang atau mengonsumsi minuman beralkohol. Cara mengatasi orang ngorok, ini tentunya menjadi informasi yang pas untuk Anda yang sering mengonsumsi alkohol atau mengonsumsi obat penenang.


Anda Serius Ingin Memperbesar Penis Anda?, Ingin membuat penis menjadi lebih keras? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda Serius Ingin Memperbesar Penis Anda? Klik Disini