Cara Memperbanyak ASI untuk Ibu Menyusui

ASI adalah asupan nutrisi terbaik bagi tumbuh kembang bayi terlebih lagi bayi yang baru saja dilahirkan. Bayi yang baru saja dilahirkan hanya akan baik jika meminum ASI karena ia masih belum mampu mencerna makanan yang padat. ASI memiliki kandungan yang sangat banyak bagi bayi di usia 0 hingga 6 bulan. Beberapa hal yang harus diketahui oleh ibu yang baru melahirkan selain cara memperbanyak ASI adalah mengetahui pentingnya ASI untuk tumbuh kembang anak.

  1. Pentingnya Memberikan ASI Eksklusif sebagai Cara Memperbanyak ASI
  • Bayi yang baru saja lahir memiliki antibodi yang masih sangat sensitif sehingga ASI adalah salah satu nutrisi terbaik sepanjang masa bagi bayi yang baru lahir. Manfaat ASI diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Sebagai nutrisi yang meningkatkan sistem metabolisme tubuh bayi. Bayi yang masih sangat rentan terhadap virus dan bakteri akan makin meningkat daya tahan tubuhnya dengan intensif diberikan ASI eksklusif oleh sang ibu.
  • ASI eksklusif juga dipercaya sebagai asupan nutrisi yang dapat memberikan manfaat sangat banyak untuk bayi dalam tumbuh kembangnya. Bayi akan lebih sempurna dalam pertumbuhan tulang, sehingga bayi akan tumbuh menjadi anak yang kuat.
  • Selain sebagai pertumbuhan tulang ASI juga dipercaya sebagai nutrisi yang berpengaruh terhadap kecerdasan otak bayi. Nutrisi yang di konsumsi oleh ibu akan di serap juga oleh bayi. Sehingga, sangat penting bagi ibu yang baru melahirkan dan sedang dalam masa menyusui untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi lengkap. Hindari makanan yang dapat membuat ibu menyusui menjadi alergi.
  • Selain bermanfaat untuk bayi, proses menyusui dengan menghasilkan ASI ini akan baik bagi sang ibu. Dengan banyak memproduksi ASI seorang ibu akan mengantisipasi resiko terkena kanker. Hal ini dikarenakan selama proses menyusui sang ibu akan menurunkan produksi hormon estrogen. Selanjutnya dibahas bagaimana cara memperbanyak ASI untuk ibu yang baru menyusui
  1. Cara Memperbanyak ASI Bagi Kesehatan Bayi

Kesehatan bayi salah satunya bergantung dari produksi ASI dari sang ibu. Lalu bagaimana cara memperbanyak ASI bagi kesehatan, terlebih lagi bagi wanita yang baru melahirkan. Berikut ini cara memperbanyak ASI:

  • Intensitas waktu menyusui, semakin sering anda menyusui maka semakin meningkatkan produksi ASI yang dihasilkan. Selain itu ASI juga memberikan kemudahan tumbuh kembang anak menjadi lebih cepat jika seringnya ibu menyusui anak.
  • Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Dengan mengkonsumi makanan yang kaya akan nutrisi menjadikan ASI lebih baik dalam produksinya, nutrisi tersebut juga akan bermanfaat untuk bayi. Kondisi fisik ibu yang sehat akan meningkatkan produksi ASI. Makanan yang mampu memperbanyak produkai adalah daun katuk , sayuran, buah, gandum, kacang – kacangan dan juga diperlukan banyak cairan untuk tubuh. Mengkonsumsi air putih dan susu sangan penting untuk lebih meningkatkan produksi ASI yang dihasilkan.
  • Kondisi psikologis dari sang ibu harus dalam keadaan baik dan tenang. Dengan kondisi pikiran yang positif akan lebih meningkatkan produksi ASI. Hindari strees dengan memperbanyak kegiatan yang positif namun ringan sehingga tidak sampai kelelahan. Buat pikiran senyaman mungkin. Hal ini juga bisa di lakukan dengan rutin berolahraga ringan seperti yoga untuk ibu menyusui. Pastikan anda tidak memikirkan hal – hal yang negatif.
  • Buatlah kondisi senyaman mungkin saat akan menyusui, posisi menyusui juga akan berpengaruh terhadap produksi ASI yang akan dihasilkan. Saat menyusui usahakan dalam keadaan nyaman tidak tertekan benda atau yang lainnya. Posisi miring saat menyusui bisa dilakukan tapi lakukan kebalikannya agar anak tidak menjadi kebiasaan menyusui di salah satu bagian payudara saja.
  • Pastikan ketika anda menyusui kulit kulit pipi bayi menyentuh langsung dengan kulit payudara. Hal ini akan meningkatkan ikatan batin antara ibu dan bayi menjadi lebih kuat, sehingga bayi akan menjadi dekat dan rasa ingin menyusui lebih kuat.
  • Lakukan pemijatan secara rutin pada payudara, hal ini akan membantu merangsang produksi ASI. Pemijatan dapat dilakukan dengan arah melingkar menggunakan jari. Cara lain lakukan pemijatan dari ujung pangkal payudara hingga bagian dada secar perlahan dengan menggunakan 2 jari.
  • Jika cara memperbanyak ASI tersebut belum mampu memenuhi kebutuhan ASI, maka ibu menyusui bisa meminum suplemen penambah ASI. Supelemen tersebut bisa di dapatkan dari hasil konsultasi dengan dokter.

Cara memperbanyak ASI akan memberikan manfaat bagi ibu dan bayi. Dengan memperhatikan konsumsi makanan sang ibu dan menjaga kebersihan selama menyusui serta teratur dalam menyusui, akan menjadikan produksi air susu ibu menjadi lebih banyak. Peranan air susu ibu bagi bayi sebagai pokok utama selama 6 bulan lamanya bayi harus mengkonsumsi ASI secara rutin agar tumbuh kembangnya optimal, ayah juga berperan menjaga istrinya untuk istirahat cukup.


Anda Serius Ingin Memperbesar Penis Anda?, Ingin membuat penis menjadi lebih keras? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Anda Serius Ingin Memperbesar Penis Anda? Klik Disini