8 Manfaat Kayu Manis untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat kayu manis sangatlah banyak. Bahkan, saking banyaknya, sejak zaman dahulu tanaman ini sering disebut tanaman sejuta manfaat. Selain sebagai salah satu rempah-rempah untuk bahan masakan, kayu manis juga sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tidak hanya itu, tanaman ini juga sering diolah kemudian digunakan sebagai sarana untuk mempercantik diri.

Kayu manis, pada dasarnya merupakan kulit bagian dalam dari pohon dengan genus Cinnamomum. Saat diambil dari pohonnya, bentuk dari kayu manis melengkung. Namun, begitu dikeringkan, bentuknya berubah menjadi menggulung seperti pena dengan warna coklat kulit. Banyak kandungan yang ada dalam kayu manis, di antaranya safrole, minyak atsiri, dammar, tanin, kalsiumoksalat, sinamaldehida (bagian utama dari kayu manis), dan masih banyak lagi.

Rasanya yang pedas, memberikan sensasi kehangatan dan ketenangan. Maka, tak heran jika banyak orang yang memanfaatkannya sebagai minuman saat musim dingin. Berbagai penyakit yang sangat sensitif dengan udara dingin, seperti batuk, pilek, dan flu dapat diatasi dengan kehangatan yang dihasilkan dari seduhan kayu manis. Anda ingin tahu lebih lengkapnya tentang manfaat dari kayu manis ini, baik untuk kesehatan maupun kecantikan? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Mengobati Penyakit Asam Urat
Kayu manis dipercaya mampu mengobati penyakit asam urat. Tidak hanya itu, kayu manis juga mampu mengatasi sakit kepala, tekanan darah tinggi, muntah-muntah, perut kembung, sariawan, susah BAB, dan hernia. Hal ini disampaikan oleh pakar kesehatan, Prof. Hembing Wijayakusuma.

Sebagai obat asam urat, Anda dapat meramunya dengan cara berikut. Ambil kayu manis sebesar ibu jari, kemudian cuci bersih. Rebus kayu manis tersebut dalam 600 ml dengan dicampur bahan lain, yaitu 5 gram biji pala. 15 gram jahe merah, 4 lembar daun sosor bebek, 5 butir kapulaga, dan 5 butir cengkeh. Tunggu hingga mendidih dan tersisa 300 ml. Saring dan minum selagi hangat secara rutin dua kali sehari, masing-masing 150 ml.

2. Meningkatkan Nafsu Makan
Bagi Anda atau anak Anda yang susah makan, bisa menggunakan kayu manis untuk meningkatkan selera makan. Hal ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh Rismunandan dan Paimin. Menurut mereka, selain digunakan sebagai obat antirematik, kayu manis juga digunakan untuk meningkatkan nafsu makan. Bahkan, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit. Agar nafsu makan Anda dapat meningkatkan, Anda dapat mengonsumsi air rebusan kayu manis secara teratur.

3. Menyembuhkan Penyakit Diabetes
Di dalam kayu manis, terkandung senyawa kafeat dan sinamat yang mempunyai fungsi sebagai penghambat aktivitas enzim alfa-glukosidase penyebab diabetes. Oleh karena itu, jika Anda termasuk penderita diabetes, adanya penyembuhan dengan kayu manis ini bisa menjadi kabar gembira bagi Anda. Hebatnya lagi, kayu manis juga dipercaya mampu mencegah terjadinya komplikasi kronis akibat peningkatan kadar gula dalam darah.

Adapun cara meramu kayu manis untuk mengatasi penyakit diabetes tidaklah sulit. Anda cukup menyeduh 2 batang kayu manis masing-masing dengan panjang sekitar 5 cm ke dalam 200 ml air panas. Minum air seduhan kayu manis tersebut dalam keadaan panas secara rutin dua kali sehari, masing-masing satu gelas.

4. Menghambat Pertumbuhan Jamur dan Mikroba
Berdasarkan penelitian Damayanti, diketahui bahwa kandungan minyak atsiri yang ada di dalam kayu manis terbukti ampuh sebagai antimikroba. Berbagai jenis bakteri seperti Escherichia colo, Staphylococuc aureus, dan Samonella typhimurium dapat dihambat pertumbuhan dengan mengonsumsi kayu manis. Tidak hanya itu, kayu manis juga berfungsi sebagai antijamur, baik jamur kulit maupun jamur pada rongga mulut. Sehingga, tak heran jika kayu manis dipercaya dapat menyembuhkan panu.

Untuk menghambat jamur pada rongga mulut sekaligus membersihkan gigi, Anda dapat minuma seduhan kayu manis sebanyak 2 batang dengan panjang 5 cm dalam air panas kurang lebih 200 ml. Lakukan cara ini secara rutin setiap pagi dan sore hari.

5. Mencegah Penyakit Jantung
Saat ini, penyakit jantung masih menjadi penyakit paling ditakuti masyarakat karena dapat menyebabkan kematian. Pada hakekatnya, penyakit jantung ini dapat dicegah dengan mengonsumsi kayu manis secara rutin. Sebab, kayu manis mempunyai sifat antiinflamasi, yaitu menjaga agar arteri dan jantung tidak mengalami kerusakan atau infeksi.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat meramunya dengan menyiapkan 3 gram kayu manis dalam bentuk bubuk dan 13 gram daun dewa. Setelah itu, seduh kedua bahan tersebut dalam air panas. Anda dapat meminumnya selagi hangat secara rutin satu kali sehari.

6. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Bagi Anda yang mempunyai penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, tidak perlu khawatir. Kini, hanya dengan mengonsumsi kayu manis, penyakit yang selama ini menderita Anda dapat segera teratasi dengan cepat. Selain alami, murah dan tidak menimbulkan efek samping karena terbuat dari tanaman herbal, cara meramunya tidaklah sulit.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat merebus kayu manis sebesar 2 jari ke dalam air sebanyak 500 ml. Tambahkan 10 gram kencur, 15 gram daun sena, 20 gram daun saga, dan 10 gram asam trengguli ke dalamnya dan tunggu mendidih hingga tersisa 200 ml air rebusan. Saring air rebusan tersebut kemudian minum secara rutin selagi hangat dua kali sehari.

7. Mengobati Tuberkulosis atau TBC
Bagi Anda yang gemar merokok, ancaman terkena penyakit TBC sangatlah besar. Namun, dengan memanfaatkan kandungan yang terdapat dalam kayu manis, penyakit ini dapat terhindarkan, bahkan diobati dengan mudah. Adapun caranya tidak sulit. Anda cukup merebus kayu manis sebesar ibu jari ke dalam 4 gelas air.

Campurkan bahan-bahan berupa 7 biji cengkeh, 3 lembar daun sirih, 7 biji kemukus, dan 7 biji kapulaga. Rebus hingga mendidih dan tersisa dua gelas. Konsumsilah air rebusan tersebut selagi dingin dengan sebelumnya disaring terlebih dahulu. Akan lebih efektif lagi jika Anda mengonsumsinya secara rutin tiga kali sehari, masing-masing 1/4 gelas.

8. Merawat Kecantikan Kulit, Diet, dan Mencegah Penuaan Dini
Anda tentu ingin selalu tampil cantik dan menawan di sepanjang usia Anda, bukan? Nah, untuk mendapatkan tujuan ini, Anda hanya perlu mengonsumsi air rebusan maupun seduhan dari kayu manis. Sebab, kandungan yang terdapat dalam kayu manis terbukti ampuh dapat merawat kecantikan kulit Anda dan mencegah penuaan dini. Selain itu, bahan ini juga dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan dan merampingkan tubuh menjadi bentuk ideal.

Apakah hanya itu saja manfaat dari kayu manis? Ternyata tidak! Masih banyak lagi penyakit yang bisa diredakan dengan mengonsumsi secara rutin kayu manis. Salah satu penyakit paling berbahaya saat ini pun, seperti kanker usus dan jenis kanker lainnya, juga bisa diatasi dengan tanaman herbal ini. Peningkatan pertumbuhan sel-sel kanker dapat dihambat dengan memanfaatkan kandungan yang terdapat dalam kayu manis. Sungguh luar biasa, bukan, manfaat kayu manis?


Anda Serius Ingin Memperbesar Penis Anda?, Ingin membuat penis menjadi lebih keras? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini